Mencari Pembeli Film? 5 Langkah Untuk Mengamankan Distribusi Film Indie Anda

Jadi, Anda memiliki film indie dan Anda ingin mencari distribusinya.

Tidak pernah ada begitu banyak pilihan untuk distribusi yang tersedia; tidak pernah begitu membingungkan untuk memutuskan apa yang tepat untuk Anda dan film Anda. Industri sedang mengalami momen transisi; semua orang tahu unduhan online adalah masa depan, tetapi tidak ada yang tahu persis bagaimana itu akan dimainkan. Selain itu, distribusi juga telah online, menawarkan banyak pilihan bagi pembuat dan produser film indie. Apa yang harus dilakukan, apa yang harus dilakukan.

Artikel ini adalah yang pertama dari seri 5 bagian yang membahas semua jalan yang terbuka bagi Anda sebagai pembuat film dan distributor. Kami akan menawarkan beberapa tip tentang cara menemukan film Anda sebagai rumah.

Terlepas dari tujuan akhir film Anda, tujuan Anda adalah menemukan pembeli lisensi untuk film Anda. Siapa pembeli film? Kita berbicara tentang siaran TV (kabel, satelit, dutafilm dan terestrial), perusahaan DVD rumahan, penyedia layanan VOD, dan penyedia konten seluler.

Mari kita mulai seri ini dengan memeriksa psikologi profesional yang langka dan terlalu banyak bekerja ini. Berikut adalah lima hal yang harus Anda ketahui tentang Pembeli Film dan 5 tips untuk menampilkan wajah terbaik film Anda.

1. Pembeli Film menginginkan ‘cerita’. Sedikit terminologi di sini mungkin membuat beberapa kebingungan. Kami tidak berbicara tentang plot film Anda atau subjek dokumenter Anda, tetapi sebuah cerita yang akan menjual film–di atas kertas. Anda harus melakukan segala daya Anda untuk membuat cerita itu. Untuk melakukan ini, Anda harus menjauhkan diri dari film yang Anda kenal dan cintai dan tanyakan pada diri sendiri: Apa yang akan menjual film ini kepada seseorang yang tidak mengenal dan menyukainya seperti saya? Jawaban atas pertanyaan ini adalah ‘cerita’ yang akan Anda gunakan untuk menjual film Anda.

Bahan mentah yang paling berharga untuk cerita penjualan adalah…kekuatan bintang. Bintang film sering gagal menarik penontonnya, tetapi tidak ada yang membuat pembeli film merasa lebih damai daripada kehadiran beberapa nama terkenal di dalamnya. Jika Anda kehilangan kekuatan nama yang bonafid, jangan takut, Anda memiliki pilihan lain. Permainan festival dan pers apa pun yang dihasilkan juga sangat penting. Anda harus berusaha keras untuk menemukan semacam festival dan paparan pers untuk film Anda. Bahkan jika itu bukan festival atau publikasi top, festival dan press play akan membuat film Anda tidak memiliki cerita sama sekali menjadi memiliki bab pertama. Hype terlalu berlebihan, tetapi film Anda akan terlihat lebih berharga bagi pembeli jika memiliki cerita. Jika Anda dapat mengatakan, “Film ini sudah memiliki beberapa eksposur. Film ini telah ditinjau. Film ini telah diputar di sebuah festival. Film ini mendapat tanggapan. Film ini memiliki kehadiran online. Film ini memiliki permulaan penonton atau pemirsa khusus,” maka Anda memiliki cerita yang ingin dipeluk oleh pembeli.

Jika Anda mencari ide, Anda harus memeriksa perdagangan industri. Lihat bagaimana distributor memasarkan film mereka, dan cari tahu bagaimana melakukannya dalam skala kecil. Anda ingin cerita Anda menjadi cerita yang nyaman dan akrab. “Tapi film saya orisinal, indah, menyayat hati, unik… dan pemasaran saya harus sama,” kata Anda. Ini membawa kita ke poin berikutnya …

2. Pembeli Film berpikir dalam dolar, bukan gairah. Saat menjual film Anda, jangan mengandalkan antusiasme dan hasrat Anda sendiri untuk melakukan penjualan. Sekali lagi, salurkan antusiasme Anda ke dalam narasi yang dapat dipahami pembeli film, narasi tentang bagaimana dan mengapa film ini akan menarik orang ke sana. Apakah genre film ini memiliki kesuksesan penting baru-baru ini? Apakah film Anda bersinggungan dengan isu atau topik yang menarik perhatian? Simpan hasrat Anda untuk pembuatan film, dan fokuskan sisa energi Anda untuk menyusun kampanye pemasaran profesional dan mempelajari bahasa pembeli film yang sangat efisien.

3. Pembeli film terlalu berlebihan, memiliki rentang perhatian yang pendek, dan tidak ingin membuang waktu. Pembeli film adalah profesional. Kaitkan mereka dengan cepat dengan satu lembar lengkap (atau lembar jual). Keadaan di mana Anda melempar film Anda akan bervariasi, tetapi satu hal yang setiap orang akan butuhkan di beberapa titik adalah satu lembar sebagai bagian dari paket promosi mereka. Inilah hal yang penting: lembar Anda harus pendek dan to the point. Lembar ini adalah catatan tebing untuk fitur terkuat dari film Anda. Apakah Anda memiliki beberapa ulasan positif? Bagus, gunakan mereka di kit pers, tetapi di satu lembar gunakan saja garis terbaik dari masing-masing. Apakah Anda memiliki beberapa bakat berpengalaman? Tempelkan nama mereka pada satu lembar dengan 1 atau 2 film mereka yang paling terkenal, tetapi simpan biografi lengkapnya untuk nanti. Film apa pun dapat membuat banyak dokumen, tetapi tidak ada yang akan membahas semuanya. Jangan mengubur fitur penjualan film Anda dan menganggap pembeli akan mendapatkannya. Dengan mengingat hal itu, jangan berasumsi pembeli akan menonton film layar lebar. Kebanyakan pembeli mengumpulkan ratusan dan ratusan penyaring setiap tahun dan banyak dari ini tetap tidak diawasi. Simpan penyaring Anda untuk pembeli yang menunjukkan minat, atau bahkan untuk pembeli yang Anda sukai.